Jumat, 12 Maret 2010

Wisata Pilihan NTT

TAMAN NASIONAL KELIMUTU

Taman Nasional Kelimutu merupakan habitat sekitar 19 jenis burung yang terancam punah di antaranya punai Flores (Treron floris), burung hantu wallacea (Otus silvicola), sikatan rimba-ayun (Rhinomyias oscillans), kancilan Flores (Pachycephala nudigula), sepah kerdil (Pericrocotus ansbergei), tesia Timor (Tesia everetti), opior jambul (Lophozosterops dohertyi), opior paruh tebal (Heleia crassirostris), cabai emas (Dicaeum annae), kehicap Flores (Monarcha acerdotum), burung madu matari (Nectarinia solaris), dan elang Flores (Spizaetus floris).



Keunikan dan nilai astetika yang menarik yaitu dengan adanya tiga buah danau berwarna dan berada di puncak Gunung Kelimutu (1.690 meter dpl). Danau pertama bernama Tiwu Ata Mbupu (danau arwah para orang), danau kedua bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau arwah muda-mudi) dan danau ketiga bernama Tiwu Ata Polo (danau arwah para tukang tenung). Danau pertama dan kedua letaknya sangat berdekatan, sedangkan danau ketiga terletak menyendiri sekitar 1,5 km di bagian barat. Warna air ketiga danau tersebut berbeda satu sama lain dan selalu berubah dari waktu ke waktu terutama warna air Tiwu Nuwa Muri (duabelas kali perubahan dalam jangka waktu duapuluh lima tahun). Selain disebabkan oleh aktivitas gunung berapi Kelimutu, perubahan warna ini diduga akibat adanya pembiasan cahaya matahari, adanya mikro biota air, terjadinya zat kimiawi terlarut, dan akibat pantulan warna dinding dan dasar danau.


Kekayaan alam yang dimiliki Taman Nasional Kelimutu ditunjang oleh seni budaya berupa rumah adat, tarian tradisional dan kerajinan tenun ikat yang merupakan ciri khas masyarakat setempat. Tenun ikat Flores sangat menarik perhatian pengunjung karena didasari oleh seni dan imajinasi yang sangat tinggi dan berbeda dengan tenun ikat lainnya di Indonesia.


KOMODO DRAGON - PULAU KOMODO


Taman Nasional Komodo ini, dikelola oleh pemerintah pusat untuk melestarikan komodo yang populasinya semakin berkurang. Pulau Komodo ini pertama kali ditemukan oleh orang Belanda yaitu Letnan Steyn van Hens Broek. Kemudian Belanda menamakannya sebagai Pulau Komodo dan mengeluarkan larangan perburuan dan pembunuhan untuk melindungi hewan ini.

Selain menjadi daerah tujuan wisata, TN Komodo juga menjadik tempat penelitian. Kini TN Komodo diterima UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Di Taman Nasional ini kita juga dapat menikmati pantai dengan hamparan biru laut dengan pasir putih. Akomodasi di pulau ini terdapat resort yang bertaraf internasional dan beberapa pondokan yang disediakan masyarakat setempat.


PENYELAMAN ALOR



Pulau Alor yang terletak di bagian timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu yang terbaik di antara 10 tujuan lokasi penyelaman di Asia. Perairan di sekitar Alor ini memiliki berbagai macam biota laut, berbagai kelompok ikan karang yang belum tersentuh oleh manusia. Bahkan penyelaman dapat dilakukan siang dan malam sehingga dapat menikmati keindahan bawah laut yang cukup menarik untuk berpetualang dengan mencoba sesuatu yang baru.



MEMANCING



Kepulauan di Nusa Tenggara Timur memiliki sumber daya laut yang cukup berlimpah, maka sangat menarik untuk olahraga memancing. Khususnya di Pulau Timor, Rote dan Sumba cepat menjadi terkenal dengan perlombaaan memancing di wilayah timur Indonesia. Untuk mencapai titik pemancingan, kita dapat menggunakan perahu sewa sekaligus dengan perlengkapan memancing. Ikan-ikan yang menjadi tangkapan utama yaitu ikan marlin dan ikan sailfish.



SUMBA TIMUR (WAINGAPU)


Di Kota Waingapu ini, terdapat banyak kampung tradisional yang masih teguh menganut adatnya. Salah satu kerajinan asli yaitu pakaian dari bahan tenun ikat. Di kampung-kampung yang terdapat di sekitar Kota Waingapu, kita dapat mencoba menenun kain. Selain itu masih dapat dilihat bangunan-bangunan asli Sumba yang memiliki kekhasan bentuk bangunan serta atapnya.



Sumber:

http://www.dephut.go.id/Informasi/TN%20Indo-English/tn_kelimutu.htm
http://wisatamelayu.com/id/object.php?a=a0pxL3FMZVBUkU4Ng%3D%3D=&nav=cat
http://www.divealor.com/index%20indo.htm
http://www.kupangklubhouse.com/tourismindonesia.htm



TAMAN KOTA KUPANG


Baik siang maupun malam hari Taman Kota Kupang merupakan salah satu pilihan untuk dapat menikmati ketenangan terutama pada saat bulan pumama dengan alunan suara ombak menerpa tepian pantai. Dari Taman Kota dapat dilihat lampu perahu nelayan dan bagan penangkap ikan yang sangat banyak mengelilingi Teluk Kupang yang kaya akan ikan.

GUA MONYET

Gua monyet merupakan suatu objek wisata. Di dalamnya hidup monyet atau kera yang sering kali duduk di tepi jalan menatap orang yang lalu lalang. Apabila kita memasuki objek ini terasa sejuk karena dinaungi oleh rindangan pepohonan yang menambah indah dan nyaman. Di sini terdapat tempat jungkitan anak dan seluncur serta ayunan, cocok untuk rekreasi keluarga. Sementara bagi mereka yang ingin menelusuri gua terdapat sebuah gua peninggalan Jepang yang cukup unik. Berbagai Lopo telah dibangun untuk bersantai menikmati indahnya senja hari di Kota Kupang atau indahnya rembulan purnama di Gua Monyet.


PANTAI LASIANA



Pantai Lasiana berada di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima atau sekitar 12 Km di timur Kota Kupang. Pantai Lasiana adalah pantai berpasir putih dengan air yang tenang. Di bawah indahnya nyiur melambai serta naungan pohon tal, pengunjung dapat menikmati air kelapa muda dan nira manis, dapat juga menikmati jagung bakar harum, pisang bakar dan es kelapa muda dengan manisan air gula asli.


Rekreasi di pantai Lasiana dapat dilakukan dengan memancing, berenang, mandi, sepak bola, karaoke, atau hiburan lain. Lasiana terletak pada jalur transportasi utama Pulau Timor yang dilayani oleh angkutan umum, ojek maupun kendaraan sewaan. Di sini sudah ada rumah pondokan (home stay) dan rumah makan yang dapat melayani kebutuhan wisatawan. Juga terdapat kolam renang untuk anak dan tempat membilas badan setelah mandi dan berenang di laut.

TUGU PAHLAWAN



Monumen adalah objek wisata sejarah di Kota Kupang. Monumen berupa tugu ini adalah bukti sejarah kegigihan dan keberanian orang Timor melawan penjajah Belanda dan Jepang. Tugu ini berada tepat di pusat Kota Kupang di jalur tepi pantai Koepan dan bekas Benteng Concordia Belanda atau yang sekarang ditempati oleh Batalyon Infantri 743 Kupang.


FLOBAMORA MALL



Selain wisata alam, Kota Kupang juga memiliki tempat wisata belanja. Flobamora Mall merupakan pusat belanja termurah dan terlengkap di Kota Kupang dan Nusa Tenggara Timur. Di sini dapat dinikmati berbagai pelayanan seperti hidangan berbagai makanan, mainan anak, dan aneka kegiatan lainnya baik untuk belanja atau sekedar berekreasi. Di sekitar mal ini dapat dinikmati hijauan tanaman sayuran para petani untuk memenuhi kebutuhan sayuran Kota Kupang.

1 komentar:

Admin mengatakan...

Тhе аіrроrt іs аn еstаblіshеd аіrроrt but wаs rеlаunсhеd 15 уеаrs аgо wіth а brаnd nеw tеrmіnаl аnd іnfrаstruсturе, іnсludіng а dіrесt rаіl lіnk аnd mоtоrwау tо Lоndоn. Аt fіrst іt wаs а whіtе еlерhаnt but thе еmеrgеnсе оf thе lоw соst budgеt саrrіеrs hаs trаnsfоrmеd Ѕtаnstеd іntо оnе оf thе fаstеst grоwіng аіrроrts іn Еurоре іn thе lаst dесаdе.
Тоdау, full сарасіtу оf thе mаіn tеrmіnаl іs wіthіn sіght аnd а nеw tеrmіnаl аnd furthеr оut а sесоnd runwау іs рlаnnеd.
cheap flights to London
plane tickets to london

cheap flights to Madrid
cheap flights to Barcelona
cheap flights to Spain

Posting Komentar