Jumat, 12 Maret 2010

Makanan Khas Pilihan Sumatera

PEMPEK


Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan. Bahan dasar makanan ini berasal dari ikan belida dan sagu. Karena ikan belida semakin susah ditemukan, maka saat ini sering digunakan ikan gabus atau ikan tenggiri. Pempek ini ada beberapa jenis, yaitu pempek lenjer, kapal selam, pastel, kulit ikan, kriting, ada’an. Sesuai dengan namanya, pempek pastel berbentuk seperti pastel yang di dalamnya berisi tumisan ebi dan pepaya muda. Pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam. Pempek ini di dalamnya berisi telur rebus.



Pempek lenjer biasanya berbentuk batang, sedangkan pempek lenggang adalah pempek yang digoreng bersama dengan telor yang didadar. Pempek ada’an merupakan pempek yang berbentuk bulat. Jika anda akan menyantap pempek anda bisa merebusnya terlebih dahulu atau menggorengnya. Pempek biasanya disantap dengan cuko, yaitu saus yang berwarna hitam kecoklatan. Anda bisa memilih cuko yang pedas atau manis, sesuai dengan selera.



MODEL DAN TEKWAN


Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah bihun dan jamur.


Model pada dasarnya dibuat dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Bedanya, model diisi dengan tahu dan digoreng sebelum disajikan. Pada waktu dihidangkan, model dicampur dengan kuah model yang terbuat dari kaldu udang. Selain dicampur dengan bihun, biasanya dicampur dengan timun dan ebi. Jenis-jenis model ini terdiri dari 2 macam, yaitu model ikan dan model gendum. Model ikan dibuat dengan bahan yang hampir sama dengan pempek, sedangkan model gendum terbuat dari tepung terigu. Biasanya model gendum ini lebih murah daripada model ikan. Model sangat terkenal di Kota Palembang.



KUE MAKSUBA



Kue maksuba adalah kue basah khas Sumatera Selatan. Kue ini manis, berlapis-lapis, mirip kue lapis legit. Karena berlapis-lapis proses pembuatannya cukup lama.



KUE 8 JAM


Selain kue maksuba, kue lain yang terkenal adalah kue delapan jam. Kue ini disebut kue delapan jam karena proses memasaknya yang memerlukan waktu minimal 8 jam. Kue ini rasanya manis dan legit. Bagi penggemar kue manis, anda bisa mencoba kue 8 jam dan kue maksuba.



ES KACANG MERAH

Seperti namanya, es kacang merah ini berbahan dasar kacang merah. Kuahnya berasal dari susu dengan gula merah. Biasanya gula yang digunakan adalah gula kelapa. Rasanya manis dan segar.



KEMPLANG



Kemplang Goreng merupakan makanan khas Palembang yg terbuat dari ikan & sagu diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang lezat. Disajikan dengan sambal khas dan kadang-kadang bisa dimakan bersama cuko yg terbuat dari cuka & cabe sehingga menambah sedap cita rasanya. Aneka kemplang goreng Palembang inipun bermacam-macam yaitu kempalng goreng batok, kempalang goreng kancing, kempalang goreng sedang bulat dsb yang membedakannya adalah bentuknya.



Kemplang panggang merupakan makanan khas dari Palembang yg terbuat dari ikan & sagu diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yg lezat. Disajikan dgn sambal khas dan kadang-kadang bisa dimakan bersama cuko yg terbuat dari cuka & cabe sehingga menambah

sedap cita rasanya. Aneka kemplang panggang Palembang inipun bermacam-macam yaitu kempalng panggang lidah badak, kempalang panggang kancing, kempalang panggan bulat, kemplang panggang bintang dsb yang membedakannya adalah bentuknya.



LAKSAN



Laksan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan baku sagu dan ikan. Laksan dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang hampir seperti pempek, tetapi disajikan dengan menggunakan kuah santan.

0 komentar:

Posting Komentar