Jumat, 12 Maret 2010

Pantai Daerah Sabang

Kota Sabang sebagai objek daya tarik wisata bahari memiliki tempat-tempat wisata bawah laut dengan beragam jenis binatang dan tumbuhan laut yang ada di dalamnya, seperti di Pantai Iboih yang berlokasi di Pulau Rubiah, Batee Dua Gapang, Batee Meuroron, Arus Balee, Seulakos Drift, Batee Tokong, Shark Plateau, Pantee Ideu, Batee Gla, Pantee Aneuk Seuke, Pantee Peunateung, Lhong Angen, Pantee Gua, Limbo Gapang, Batee Meuduro dan lain-lain.



TAMAN LAUT PULAU RUBIAH

Taman Laut Pulau Rubiah berjarak sekitar 23,5 km di sebelah barat Pulau Weh melalui darat atau 7 km melalui perairan. Luas perairannya sekitar 2.600 ha mengelilingi Pulau Rubiah yang tersedia sebagai wisata alami dan menawarkan indahnya alam bawah laut. Di dalamnya terdapat bermacam jenis ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa, dan masih banyak lainnya. Terumbu karang di sini terdiri dari berbagai jenis, bentuk dan warna yang membentuk gugusan karang yang menarik. Hiu biasanya muncul pada bulan pertama atau kedua tiap tahunnya.

Dari 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia, 14 jenis di antaranya terdapat di taman laut ini. Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat untuk kegiatan rekreasi marina, seperti menyelam, kapal pesiar dan memancing.

Keadaan perairan di sekitar Taman Laut Pulau Rubiah sangat jernih dan bersih dengan kecerahan mencapai kedalaman 10-15 meter. Ini merupakan taman laut y alami dan kaya akan kehidupan laut. Keanekaragaman jenis ikan laut yang tergolong tinggi dengan batu karang yang bervariasi, seperti Karang Meja yang merupakan jenis karang yang dominan, dan jenis terumbu karang lainnya, seperti karang tanduk dan karang lunak. Berbagai jenis ikan juga ditemukan, seperti Ikan Bendera, Kepe-kepe, Botana Biru, Ikan Sersan, Kerapu, Ikan Mayor, Bayam-bayam, Taji-taji, Ikan Putri Bali, Ikan Kuning, Ikan Kepala Merah, dan Ikan Kupu-kupu.



GAPANG DAN IBOIH

Pulau Weh (Sabang) terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Keindahan pemandangan bawah laut ini dapat dijumpai di Gapang dan Iboih dengan pantainya yang tenang. Di sana kita dapat melihat jelas terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni yang tidak dijumpai di tempat lain, baik di Nusantara maupun dunia. Terumbu karang di Gapang tidak sebaik di Iboih tetapi memiliki lebih banyak jenis-jenis ikan. Kura-kura, yang dapat ditemui pada sisi kanan, hampir selalu terlihat saat bersnorkel di Gapang. Terumbu karang terbaik dapat ditemukan pada sisi pantai. Tidak adanya arus membuat pantai ini lebih aman untuk aktifitas renang dan ukuran pantainya lebih panjang dibandingkan dengan Pantai Iboih.


Kawasan wisata bahari Iboih merupakan kawasan wisata pantai yang sangat terkenal dengan aktifitas olah raga bawah laut, seperti berenang, diving dan snorkeling sambil menikmati keanekaragaman terumbu karang, ikan hias dan ikan karang, di antaranya Angel Fish, Surgeon Fish, Parrot Fish, Ikan Napoleon dan beragam jenis ikan lainnya. Kawasan ini juga didukung dengan sarana dan prasarana serta hutan wisata yang indah dengan kekayaan flora dan faunanya.

Pantai Gapang terkenal dengan pasir putihnya dan terdapat sebuah Monumen KM 001 Republik Indonesia yang menjadi manifestasi bahwa Indonesia terbentang dari “Sabang Sampai Merauke”.



PANTAI KASIH DAN PANTAI TAPAK GAJAH

Dari Kota Sabang, Pantai Kasih dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Pantai berpasir ini memiliki ombak yang cukup besar. Merupakan tempat yang tepat untuk melewati sore yang indah. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Penduduk setempat umumnya menghabiskan waktu pada sore hari sampai malam sambil menikmati keindahan dan pesona alam Sabang.

Dengan berjalan kaki agak lebih jauh dari Pantai Kasih dapat ditemukan Pantai Tapak Gajah. Pantai ini dikelilingi oleh barbagai batu karang yang memanjang di lautan dan menjadi tempat yang sesuai untuk kegiatan berenang, khususnya bagi anak-anak.



PANTAI SUMUR TIGA DAN ANO HITAM

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu pantai yang menarik. Letaknya di Desa Ie Muelee yaitu sebelah selatan Pantai Tapak Gajah. Letaknya di bawah bukit yang curam yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan sehingga menciptakan suasana pantai yang teduh dan nyaman. Kegiatan menyelam dapat juga dilakukan di tempat ini. Sedangkan di Pantai Ano Hitam terdapat bunker Jepang.



LHUENG ANGEN

Tempat ini paling sering dikunjungi oleh penduduk lokal. Antara bulan November dan Juni, pantai ini lebih menarik untuk bersnorkeling dengan pasir pantai, batu-batuan dan terumbu karangnya. Dan di sebelah utara Lhueng Angen terdapat gua alam.



DANAU ANEUK LAOT

Aneuk laot merupakan bahasa Aceh yang berarti "Anak Laut". Danau ini adalah waduk yang berair segar dan merupakan sebab utama untuk mendirikan pelabuhan di Sabang pada masa lalu. Pemandangan di sini sangat menyenangkan. Dibutuhkan waktu 40 menit berjalan kaki dari kota Pasiran dan berjarak sekitar 300 meter dari Zwembad.



Sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov NAD

0 komentar:

Posting Komentar