Jumat, 12 Maret 2010

Makanan Khas Pilihan NTT

DAGING ASAP/ SEI SAPI

Daging asap merupakan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat daerah di Indonesia Timur. Pengolahan daging asap sebagian besar masih dilakukan secara tradisional. Daging asap merupakan irisan daging yang diawetkan dengan panas asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu keras yang banyak menghasilkan asap dan lambat terbakar. Ada dua cara pengasapan yaitu cara tradisional dan cara dingin. Pada cara tradisional, asap dihasilkan dari pembakaran kayu atau biomassa lainnya (misalnya serbuk kelapa, serbuk akasia atau serbuk mangga). Pada cara basah atau dingin irisan daging direndam dalam asap yang telah dicairkan. Pengasapan daging dimaksudkan untuk pengawetan, untuk memperpanjang masa simpan irisan daging.

EMPING MELINJO

Emping melinjo merupakan sejenis keripik yang dibuat dari biji/buah melinjo yang telah tua. Pembuatan emping dilakukan dengan menggunakan alat-alat yang sederhana. Emping dapat terbagi menjadi emping tipis dan emping tebal. Emping yang bermutu tinggi adalah emping yang tipis sehingga kelihatan agak bening dengan diameter seragam, kering sehingga dapat digoreng langsung, sedangkan emping tebal dinilai bermutu rendah, diameter kurang seragam dan kadang-kadang masih harus dijemur sebelum digoreng.

KRUPUK KULIT IKAN

Krupuk kulit ikan ini sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih. Krupuk kulit ikan merupakan komoditas unggulan yang nilai jualnya cukup tinggi. Proses pembuatan kerupuk kulit ikan relatif lebih mudah jika dibanding dengan proses pembuatan kerupuk lainnya, misalnya kerupuk terung ataupun kerupuk tayamum. Alat-alat yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat, yakni hanya sebuah cobek besar untuk meracik bumbu, tempat penjemuran, dan bak untuk mencuci kulit ikan agar terpisah dari sisiknya.

Bahan baku berupa kulit ikan kakap (yang sering digunakan). Kulit ikan tersebut harus direndam es selama satu malam. Keesokan harinya kulit ikan dicuci bersih hingga sisiknya terlepas semua. Setelah dibubuhi bumbu, selanjutnya dijemur. Jika cuaca panas, proses penjemuran biasanya hanya memakan waktu setengah hari. Dari bahan baku sebanyak 2 kwintal, paling sedikit bisa menjadi kerupuk kering mentah sebanyak 50 kilogram.

SAMBEL LU'AT

Sambal khas dari Nusa Tenggara pedasnya luar biasa karena terbuat dari cabe merah dan cabe rawit, dengan bumbu jeruk nipis (serta kulitnya), bawang putih dan kemangi. Sambal ini biasa menjadi teman makan hidangan khas dari Nusa Tenggara.

KERAPU KUAH BELIMBING

Makanan khas Nusa Tenggara Timur yang ini memiliki cita rasa yang cukup tinggi. Kerapu kuah belimbing merupakan hidangan sup dengan rasa asam pedas buah belimbing.

0 komentar:

Posting Komentar