Sabtu, 20 Maret 2010

Objek Wisata Alam Ciamis

Palatar Agung

Pantai dengan Panorama yang memuakau berlatar belakang pulau Nusakambangan dan Pulau Nusawere ini terletak di desa Bagolo sebelum Pantai Karapyak denga jarak kurang lebih 85 km dari kota Ciamis. Dapat ditempuh melalui jalan darat dari Desa EMplak atau menggunakan Fray dari dermaga Majingklak atau Santolo.

Di Obyek wisata ini, pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti : memancing, berkemah, berperahu pesiar serta melihat kegiatan nelayan tradicional dengan berbagai aktivitasnya.

Karapyak

Obyek Wisata ini terletak di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang, kurang lebih 87 km dari Kota Ciamis ke arah Selatan. Keadaan alam yang masih alami memungkinkan kita untuk bersabtai sambil melakukan kegiatan rekreasi seperti memancing, berkemah dan menikmati keindahan alam sambil berburu ikan ikan kecil, keong laut dihamparan batu karang.

Majingklak

Lokasi ini terletak di Muara sungai Citanduy dalam kawasan selat Nusakambangan tepatnya di Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang 79 km dari Kota Ciamis.

Tempat ini merupakan Dermaga Kapal Ferry atau Kapal Pesiar menuju Pelabuahan Cilacap dan diharapkan menjadi saran penunjang untuk pembangunan di Wilayah Ciamis Selatan.

Terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya memancing, berwisata perahu, menyaksikan ikan pesut yang banyak terdapat di perairan ini, dll.

Saran yang tersedia : jalan beraspal menuju lokasi, tempat penjualan karcis, Dermaga papal Ferry, Kios makanan/minutan, dll.

Karang Tirta

Terletak di Desa Sukaresik Kecamatan Pangandaran kearah barat. Mempunyai keindahan alam, dengan muaranya yang apabila airnya surut dapat dikelilingi dengan berjalan kaki sambil melihat-lihat berbagai jenis kerang yang banyak berkembang biak.

Di objek wisata ini pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam juga dapat melakukan rekreasi seperti bersampan, memancing, dan berkemah.

Fasilitas yang tersedia berupa kedai makanan/minuman dan pondok wisata.

Batu Hiu

Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi ± 14 km dari Pangandaran kearah selatan, memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil dengan taman pantainya yang banyak ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong kita menyaksikan birunya Samudera Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yang menyerupai ikan hiu, karena itulah tempat ini dinamakan batu hiu.

Fasilitas yang tersedia antara lain: Pondok Wisata, Kios makanan dan minuman, Kios cinderamata, lahan parkir, TIC (Tourist Information Centre) dan penangkaran penyu.

Batukaras

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang indah membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak 34 km dari Pangandaran. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain: berenang, berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar.

Fasilitas yang tersedia antara lain: Hotel, Rumah Makan, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar, dan ban renang.

Madasari

Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya dataran Masawah, dihiasi pula oleh batu-batu karang yang unik, dengan pantainya yang landai.

Terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak ± 131 km dari Kota Ciamis ke arah selatan, dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Disekeliling objek ditumbuhi pepohonan hijau dengan hamparan dataran, serta didalamnya terdapat jalan setapak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki menuju objek wisata objek wisata Batukaras.

Keusikluhur

Merupakan perpaduan antara alam pegunungan dengan panorama pantai. Dari sebuah bukit kita bisa menyaksikan bergeloranya Samudera Indonesia dengan gelombang laut selatan yang menghempas karang, sehingga tampak buih-buih di birunya laut lepas. Gelombang laut mengangkat pasir ke atas batu karang yang terjal sehingga orang menamakannya keusikluhur (keusik=pasir, luhur=tinggi).

Objek wisata ini terletak di Desa Kertamukti Kecamatan Cimerak dengan jarak 45 km dari Pangandaran ke arah Selatan.

Citumang

Terletak di Desa Bojong Kec Parigi 13 KM dari Pangandaran ke arah selatan, berada dalam kawasan jati milik perhutani. Memiliki keunikan tersendiri serasa memasuki dunia petualangan (adventure) yang penuh tantangan, menyusuri aliran sungai Citumang yang air nya sangat jernih, menerobos goa-goa karang, dan akar- akar pohon yang besar- besar dengan batuanya yang mempesona.

Kegiatan yang dapat dilaksanakan antara lain berenang, panjat tebing dan Cross Country. Goa didalamnya seakan menantang untuk dijelajahi.

Karangnini

Objek wisata ini terletak di Desa Empla, Kec Kalipucang 83 KM dari kota Ciamis kearah selatan. Dalam kesejukan hutan jati kita bisa menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang bergulung putih dengan latar belakang pulau Nusakambangan, terhampar batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek ( nini dalam bahasa Sunda) yang menggambarkan atau menjadi legenda seorang nenek yang begitu setianya menunggu si kakek datang sampai menjadi batu

Selain panorama pantai kita bisa dapat menyaksikan rimbunnya hutan yang didominasi pohon jati, terdapat flora dan fauna langka.

Gua donan

Merupakan gua alam dengan luas areal 2,5 hektar, memiliki panjang sekitar 500 meter dengan keunikan yang jarang terdapat di gua- gua lain dimana didalamnya terdapat lorong / ruangan luas yang berisi batu karang yang mirip binatang purba, kursi kerajaan serta dihiasi stalaktit dan stalaknit.

Terletak di desa Tunggilis Kec Kalipucang dipinggir kanan jalan Propinsi menuju Pangandaran, dengan jarak +72 KM dari kota Ciamis

0 komentar:

Posting Komentar